Pesatnya laju pertumbuhan industri ekonomi kreatif Kota Makassar sempat terganggu oleh pandemi pada tahun 2020, banyak brand fashion yang terdampak hingga kini di tahun 2024 kondisi ini masih bisa dirasakan oleh beberapa brand.
Melihat bagaimana kondisi Industri Fashion di Kota Makassar, Ketua Panitia Local Brand Expo 2024, Fadli mengungkapkan, “Kami sadar industri fashion lokal terdampak pandemi & kami di sini untuk memberi mereka cara untuk tumbuh atau mungkin kembali ke tempatmereka sebelumnya.
“Kami tahu pertumbuhan industri kreatif di Kota Makassar sangat tinggi khususnya industri Fashion dan kami hadir sebagai wadah untuk mereka yang tertarik & ingin tumbuh bersama di industri Fashion Kota Makassar,” ungkapnya.
Ditambahkan Fadli, dalam kegiatan ini Dinas Pariwisata Kota Makassar sangat mendukung kegiatan yang saat itu berjalan. “Dukungan dari Dinas Pariwisata Kota Makassar sangat bagus sangat antusias, support full, sudah berapa tahun ada kegiatan seperti ini tapi untuk tema lokal brand baru kali ini,” tambahnya.
Local Brand Expo adalah festival yang hadir untuk melengkapi potensi besar Brand lokal bersama generasi muda khususnya kota Makassar dari fashion, art, entertainment, hingga musik.
Tujuannya adalah untuk memberi peluang bagi setiap orang yang tertarik dengan industri kreatif, sehingga mereka dapat berinteraksi dengan pemikiran pendatang baru yang Fresh & Innovative.
Local Brand Expo 2024 ini digelar dua hari yaitu 8-9 Juni di Rooftop Garden Nipah Mal, Jl. Urip Sumoharjo dan diisi 20 brand lokal dan 10 brand nasional, di antaranya, Watts, Issue, Vandley, Moov, Cambridge, Yoshkas, Twentyeightshoes, Xatstore, Poisonus, Pleasure, Onegoods, Nevermind, Aminda, Selever, Sleepwell, Holymates, Verm, Mlnl, Helhaf, Aehara, Little Juin, GKP, Nocan, Yesterday, Syamstore. Better Goods, Not For People, Paradise, Public Culture, Prime Common Creature, Based Club Lacreme, Vearts, Amigos Denimes, unkl 347, Nona Jenna & Kaia, niion.
Ada beberapa kegiatan di event ini seperti Talk Show Local scene industri talkshow (pemilik lokal brand Makassar dan nasional) dari komunitas atau pelaku usaha perempuan feminis (bagaimana cara membuat usaha dan bersaing di industri kreatif) Agency model.
Juga ada Art seperti aktivasi kolaborasi seni painting oleh Farid (8501) Live Mural Live Handicraft dan Community Corner, Handycraft Fixie gear & Commuter Community, Komunitas Perempuan kreatif (Feminisme), Art Community, Tamiya & Hotwheels Community.
Untuk menghibur para pengunjung ada music performance dengan line up, The Joeys, Kapal Udara, Visiun, Senograft, Surgir, DVY, Build Down to Anathema, Blu Montana, Senin Monday, Beijing Connection, The Sugar Spun, Jasmine Risach, dan Failures9997.
Pada event kali ini terlihat animo masyarakat sangat baik, banyak yang datang berbelanja dan memang di event ini ada diskon hingga 50 persen promo spesial. Acara ini dihadiri kurang lebih 5000 pengunjung selama 2 hari pelaksanaan dan mampu meraih perputaran transaksi hingga Rp 200 Juta.